Rabu, 23 November 2016

10 Startup Terbesar di Dunia

startup terbesar di dunia
Startup Terbesar di Dunia © northjersey.com
10 Startup Terbesar di Dunia – Lahirnya sebuah perusahaan rintisan atau yang akrab dengan sebutan Startup memang tidak akan pernah habisnya. Ketika sebuah startups “hilang” maka akan ada seribu startups baru lainnya yang siap untuk menjadi sebuah perusahaan besar Dunia selanjutnya. Sebagai contoh saja facebook yang merupakan sebuah perusahan teknologi terkemuka tepatnya perusahaan yang bergerak di ranah sosial yang juga dulunya merupakan sebuah startup. Hadirnya investor yang mengucurkan dana segar membuat facebook akhirnya bisa terus berkembang, hingga akhirnya seperti yang kita ketahui sekarang ini facebook sudah masuk dalam kategori perusahaan kelas Dunia. Keberadaan facebook semakin dipertegas dengan dilakukannya penawaran saham perdana (IPO) pada 2012 di bursa saham Nasdaq,  hal tersebut juga mengawali kiprah Facebook sebagai perusahaan publik.

Itulah sedikat kisah sukses Facebook, Startups yang tumbuh dan berkembang dengan sedemikian rupa hingga bisa terus bertahan dan sukses seperti yang kita lihat sekarang ini. Tentu bukan hanya facebook, masih banyak lagi startups lainnya yang juga sukses seperti Twitter dan Alibaba. Namun yang perlu di catat juga bahwa kesuksesan startups ini tidaklah mudah, bagaimanapun kreativitas dan kerja keras mereka para pendiri dan karyawan yang tak ada hentinyalah yang menjadi kunci sukses perusahaan-perusahaan rintisan ini berevolusi menjadi perusahaan besar berkelas yang diakui Dunia.
Pertanyaannya adalah Siapa Facebook selanjutnya? atau startup mana yang bakal sukses di tahun 2016 ataupun tahun berikutnya? Nah untuk menjawab pertanyaan dan rasa penasaran itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai 10 Startup Terbesar di Dunia 2016. Startup yang masuk dalam daftar Top 10 ini merupakan perusahan rintisan yang memiliki valuasi perusahan terbesar yang dibeberkan dari data Dow Jones Venture Source yang saya lansir dari laman Wall Street Journal. Dan startups yang diteliti disini adalah startups yang masih bersifat private company atau perusahaan yang masih tertutup dan memiliki valuasi lebih dari 1 miliyar dolar.
Nama-nama startups yang menghebohkan Dunia di sepanjang 2015 seperti Snapchat, Uber hingga Xiaomi sudah pasti akan mengisi daftar 10 Startup Terbesar di Dunia saat ini. Disini juga kamu akan melihat nilai valuasi hingga nilai pendanaan yang telah di dapatkan startups masing-masing update 2016.
1 | Uber >> Amerika Serikat
Valuasi Perusahaan >> 51 Miliyar Dolar
Total Pendanaan >> 7,4 Miliyar Dollar
startup terbesar di dunia
© mises.org
Uber, itulah nama sebuah startup paling menghebohkan jagat teknologi Dunia sepanjang tahun 2015 kemarin. Uber adalah Startup Terbesar di Dunia 2016 dengan nilai valuasi mencapai 51 miliyar dolar. Startups rental kendaraan berbasis Aplikasi ini berhasil menikmati kejayaannya dengan kucuran dana segar dari banyak investor sebut saja Baidu, Benchmark Capital, Google Venture hingga Jumpstart Capital. Total pendanaan yang mencapai 7,4 miliyar dolar membuat nilai valuasi aset Uber ini pun ikut meroket.
Saat ini Uber dipimpin sang CEO Travis Kalanick yang juga merupakan co-founder Uber yang dia dirikan pada tahun 2009 di San Francisco, CA. Tantangan berat tentu sudah menanti Uber di 2016 ini mengingat hadangan dari para pesaingnya yang memiliki model bisnis serupa seperti Didi & Kuaidi Dache asal Tiongkok dan Lyft. Selain itu tentu perijinan oprasi kendaraan yang digunakan di kota atau negara tertentu juga halus jelas dan tersesaikan supaya layanan Uber ini tidak lagi di cap Ilegal oleh pemerintah setempat.
2 | Xiaomi >> Cina
Valuasi Perusahaan >> 46 Miliyar Dolar
Total Pendanaan >> 1,4 Miliyar Dolar
startup terbesar di dunia
© livemint.com
Uber boleh saja menjadi Startup Terbesar di Dunia namun nama Xiaomi patut diajukan sebagaiStartup Paling Potensial di Dunia sampai saat ini. Bayangkan saja pendanaan yang mengalir dari beberapa investor seperti All-Stars Investment, Digital Sky Technologies hingga GIC Private bisa menghasilkan valuasi 31 kali lipat dari pendanaan yang masuk. Sang Apple dari Cina ini merupakan Startup teknologi yang banyak memproduksi gadget ataupun alat-alat elektronik seperti Smartphone.
Berkembangnya Sistem Operasi Mobile Android tentu menjadi sinyal baik bagi Xiaomi untuk menjadi calon Perusahaan teknologi kelas Dunia selanjutnya. Karena seperti kita ketahui nama Xiaomi memang lebih familiar sebagai salah satu vendor smartphone Android. Di ranah Android Xiaomi akan menjadi penantang berat beberapa vendor smartphone lainnya seperti Lenovo dan Huawei di Cina hingga Samsung milik korea selatan.
Startup asal Bejing yang didirikan Jun Lai pada 2010 ini selain memiliki potensi sebagai kuda hitam di ranah Android tapi juga sangat berpontensi merusak peta persaingan perusahaan teknologi yang lebih dulu berdiri termasuk Apple Inc asal Amerika Serikat. Total pendanaan yang masuk ke kas dari Xiaomi mencapai 1,4 miliyar dolar dengan valuasi super besar mencapai 46 miliyar dolar.
3 | Airbnb >> Amerika Serikat
Valuasi Perusahaan >> 25,5 Miliyar Dolar
Total Pendanaan >> 2,3 Miliyar Dolar
startup terbesar di dunia
© techcrunch.com
Peringkat ketiga dari daftar 10 Startup Terbesar di Dunia 2016 dihuni Airbnb, sebuah startup teknologi jasa penyewaan properti terpopuler di Dunia. CEO Brian Chesky mendirikan Airbnb dengan co-founder lainnya pada tahun 2008 di San Francisco, CA. Saat ini nilai aset Airbnb mencapai angka 25,5 Miliyar Dolar dengan total pendanaan sebesar 2,3 Miliyar Dolar. Nama-nama besar di balik startup Dunia seperti Andreessen Horowitz, Sequoia Capital tak ragu untuk menginvestasikan dana milikinya disini melihat potensi Airbnb dengan model bisnisnya itu. Meskipun sebenarnya Airbnb juga mendapat tekanan berat dari beberapa kompetitor lain seperti HomeAway dan Orbitz.
4 | Palantir >> Amerika Serikat
Valuasi Perusahaan >> 20 Miliyar Dolar
Total Pendanaan >> 1,9 Miliyar Dolar
startup terbesar di dunia
© teamnubiconusa.org
Palantir adalah salah satu startup penantang serius IBM. Perusahaan rintisan yang dipimpin CEO Alexander Karp berhasil membukukan total pendanaan sebesar 1,9 Miliyar dolar dari in-Q-tel dan kawan-kawan. Saat ini Palantir ditaksir memiliki nilai valuasi mencapai 20 miliyar dolar. Palantir merupakan startup lainnya dari negeri Paman Sam tepatnya di daerah Palo Alto, CA (California) yang sudah berdiri sejak tahun 2004.
5 | Snapchat >> Amerika Serikat
Valuasi Perusahaan >> 16 Miliyar Dolar
Total Pendanaan >> 1,2 Miliyar Dolar
startup terbesar di dunia
© mashable.com
Daftar 10 Startup Terbesar di Dunia kali ini terselip nama Snapchat, aplikasi chatting lintas platform buatan Evan Spiegel. Snapchat sendiri merupakan startup yang terbilang baru dimana pada tahun 2012 Spiegel membangunnya di tanah Venice, CA. Tercatat beberapa Capital Firm kenamaan seperti Alibaba, Yahoo hingga York Capital Management turut mengucurkan dana segar untuk memajukan produk aplikasi mobile Snapchat berjaya di Android dan Apple IOS. Tak tanggung-tanggu tercatat pada 2016 ini Snapchat berhasil menghimpun dana sebesar 1,2 miliyar dolar sekaligus membuat nilai valuasinya menembus angka 16 miliyar dolar.
6 | Didi Kuaidi >> Cina
Valuasi Perusahaan >> 16 Miliyar Dolar
Total Pendanaan >> 4 Miliyar Dolar
startup terbesar di dunia
© technode.com
Saatnya cari mobil untuk kembali ke Negeri Tirai Bambu dengan Layanan dari Uber versi Cina yaitu Didi Kuaidi. Startups asal Beijing ini didirikan oleh sang Founder sekaligus CEO yang bernama Wei Cheng pada 2012 kemarin . Melalui layanan Didi Dache dan Kuaidi Dache, Startup baru ini berhasil mencuri jaga startup yang membawanya mendapatkan pendanaan hingga 4 miliyar dolar dari China Investment Corp., Tencent Holdings, GGV Capital, DST Global, Temasek Holdings dan lainnya.
7 | Flipkart >> India
Valuasi Perusahaan >> 15 Miliyar Dolar
Total Pendanaan >> 3 Miliyar Dolar
startup terbesar di dunia
© bgr.in
Masuk ke peringkat 7 besar, kita akan menemukan startups bernama Flipkart, Amazon nya India. Berdiri sejak tahun 2007 di Bangalore, Flipkart mengumpulkan dana oprasional sebesar 3 miliyar dolar dengan valuasi hingga 15 miliyar dolar sampai 2016 ini. Pertumbuhan pengguna internet dan smartphone di India membuat roda bisnis Blanja Online akan sangat menjanjikan termasuk bagi startup yang dipimpin Binny Bansal ini.
8 | China Internet Plus >> Cina
Valuasi Perusahaan >> 15 Miliyar Dolar
Total Pendanaan >> 2,5 Miliyar Dolar
startup terbesar di dunia
© allchinatech.com
China Internet Plus adalah startup baru asal China yang merupakan hasil merger dari 2 startups e-commerce yaitu Meituan dan Dianping. Tercatat aliran dana dari Alibaba Capital Partners, Temasek Holdings hingga Tencent Holdings membuat China Internet Plus membukan pendanaan 2,5 miliyar dengan total valuasi sebesar 15 miliyar dolar. Startup yang berdiri di Beijing pada oktober 2015 kemarin saat ini dipimpin oleh Wang Xing dan Zhang Tao.
9 | SpaceX >> Amerika Serikat
Valuasi Perusahaan >> 12 Miliyar Dolar
Total Pendanaan >> 1,1 Miliyar Dolar
startup terbesar di dunia
© slate.com
Dari sekitar 10 Startup Terbesar di Dunia 2016, SpaceX adalah Startup Terbaik dan Terunik yang pernah ada. Mungkin kita sudah biasa dengan startup e-commerce ataupun Aplikasi namun kalau startup aerospace? Mungkin akan luar biasa bukan melihat SpaceX menjadi perusahaan sekelas Boeing dan Airbus. Startup yang didirikan oleh Elon Musk pada 2002 di Hawthorne, California ini berhasil mencuri perhatian jaga teknologi dan mampu mendulang dana segar sebesar 1,1 miliyar dolar dengan valuasi hingga 12 miliyar. Beberapa investor yang berani mengucurkan dana segar untuk proyek teknologi tinggi milik SpaceX diantaranya Capricorn Capital Partners, Draper Fisher Jurvetson, Fidelity Investments, Founders Fund, Google, Valor Equity Partners.
10 | Pinterest >> Amerika Serikat
Valuasi Perusahaan >> 11 Miliyar Dolar
Total Pendanaan >> 1,3 Miliyar Dolar
startup terbesar di dunia
© hughesmarino.com
Pinterest adalah nama yang tak asing untuk kita, terutama bagi pencinta sosial media. Ya seperti kita ketahui pinterest merupakan media sosial yang didirikan pada tahun 2008 di San Francisco, California. Saat ini startup yang dibawah kendali Ben Silbermann ini telah mengumpulkan dana 1,3 miliyar dolar dengan total valuasi mencapai 11 miliyar dolar untuk menjadi penantang berat facebook, WhatsApp hingga Instagram.
Itulah sobat daftar 10 Startup Terbesar di Dunia 2016 yang dilihat dari total valuasi masing-masing. Dan yang seperti yang sudah saya jabarkan di atas terlihat startups dalam daftar Top 10 ini datang dari berbagai sektor bisnis mulai dari sosial media, e-commerce, jasa properti hingga aerospace. Tentu seiring dengan berjalannya waktu startups ini akan menjadi perusahaan-perusahaan besar Dunia suatu saat nanti. Dan tempat mereka akan digantikan startups terbaik baru lainnya yang mengantri seperti dalam daftar 10 besar kedua yang dihuni Dropbox, WeWork, Lufax, Theranos, Spotify, DJI, Zhong An Online, Lyft, Stripe dan Ola Cabs serta tentunya “Startup Milikmu” disini.

sumber

Tidak ada komentar: